السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Jumat, 12 Agustus 2011

Pengelolaan, Sumber Dana, Dan Kendala



I.   Pengelolaan

Yayasan darul falah dikelola secara profesiaonal oleh sumber daya manusia yang lebih mementingkan kepentingan social dari pada kepentingan pribadi atau golongan.
Keprofesionalanya dapat dilihat dari :
A.  Adanya struktur organisasi dengan garis koordinasi, pengawasan dan instruktif yang jelas
B.  Tertib administrasi Organisasi, dengan adanya Buku Agenda untuk mencatat masuk atau keluarnya surat-surat Yayasan, penomoran dan pengarsipan surat-surat.
C.  Tersedianya buku Tamu untuk mencatat tamu-tamu yang berkunjung ke Yayasan.
D.  Buku untuk nama siswa dan pengajar terdokumentasi dengan baik.
E.  Daftar daftar nama-nama fakir miskin, anak yatim/yatim piatu.
F.   Daftar nama penerima zakat dan hewan qurban yang berhak menerimanya.
G.  Dokumentasi setiap kegiatan.
H.  Setiap kegiatan yang akan dilaksanakan terencana dengan baik, sehingga unsur Plan, Do, Check and Action ( PDCA ) berjalan sesuai yang diharapkan.
I.    Inventaris Yayasan tercatat, dijaga, dirawat dan disimpan dengan teratur.
J.   Pemasukan penyaluran atau penggunaan sumbangan dari para donatur tercatat dengan baik.
K.  Laporan setiap kegiatan dibuat dan dipertanggungjawabkan sehingga unsur kejujuran dan transparansi sangat dijunjung tinggi oleh semua Pengurus Yayasan Anak Yatim Darul Falah Kepaon.

II. Sumber Dana

Suatu Suatu organisasi tanpa adanya dana sebagai penunjang operasionalnya, sangatlah tidak memungkinkan organisasi tersebut berjalan dengan baik. Yayasan Sosial Darul Falah Kepaon sampai dengan saat ini masih mengharapkan sumber dana dari para donatur. Rencana kerja jangka panjang Yayasan berupa usaha ekonomi produktif dan pengadaan lahan untuk membangun gedung tidak akan terwujud sesuai dengan yang diharapkan tanpa adanya dukungan dana dari para donatur. Dengan telah tersedianya lahan dan dibangunnya bangunan yang diperlukan maka peruntukannya bukan saja untuk kepentingan warga sekitar Kampung Islam Kepaon tetapi dapat menampung warga muslim Bali khususnya atau luar Bali pada umumnya yang memerlukan pendidikan atau Panti Asuhan.

III.  Kendala Yang Dihadapi

Keinginan Yayasan Anak Yatim Darul Falah Kepaon Bali untuk merealisasikan program-program kerja yang direncanakan sudah tentu akan terbentur dengan berbagai kendala diantaranya :
A.   Sudah sesaknya tempat belajar anak-anak di tempat yang sekarang.
B.   Belum tertampungnya anak-anak yatim/yatim piatu pada satu tempat / panti.
C.   Tidak tersedianya dana yang memadai untuk pengadaan lahan dan bangunan.
D.   Belum mampu membuat wabsate sehingga keberadaan Yayasan Anak Yatim Darul Falah Kepaon belum dapat diakses oleh pihak manapun terutama oleh pihak donatur yang ingin mengikuti perkembangan atau kegiatan Yayasan.
E.   Selain itu untuk mengantisipasi perkembangan kegiatan Yayasan ke depan, kendala yang muncul adalah penyiapan sumber daya manusia yang handal pada berbagai bidang kegiatan, sehingga perlu diadakan pelatihan bidang administrasi, keuangan, teknologi informasi dan bidang lainnya yang berkaitan dengan kegiatan Yayasan. 

Tidak ada komentar: